Pages

Wednesday, April 17, 2013

BAND INDONESIA YANG TERKENAL DI LUAR NEGERI

Industri musik Indonesia sekarang di ramaikan oleh banyaknya BOY BAND pendatang baru yang bermunculan lalu tenggelam dengan sendirinya, Ini karena kebanyakan hanya mengejar keuntungan yang besar tanpa menilai kualitas dalam bermusik. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para musisi jempolan yang memang mempunyai kualitas musik yang tinggi. Banyak band indonesia yang justru terkenal di luar negeri ketimbang di dalam negerinya sendiri. Berikut Band Indie yang melebarkan sayapnya sampai ke luar negeri..

1. MOCCA 


Mocca adalah kelompok musik indie asal Bandung, Jawa Barat. Grup ini beranggotakan Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bass), dan Indra Massad (drum). yang mengawali perjalanannya ke mancanegara, tepatnya di Singapura pada 2005. Saat itu ,album Mocca dirilis oleh label asal Singapura, Fruit Records.  Setelah itu, album mereka juga dirilis oleh label Malaysia, Jepang dan Korea. Karena memiliki penggemar yang begitu besar di Jepang dan Korea, sejumlah agensi iklan di negara tersebut sempat menjadikan lagu band tersebut untuk produk iklan. 
Bahkan mereka menandatangani kontrak dengan salah satu indie records di Jepang, Excellent Records, untuk mengisi satu lagu dalam album yang format rilisannya adalah kompilasi book set (3 Set) yang berjudul "Pop Renaisance". Ada 3 disc yang diedarkan di Jepang dan Mocca berada di disc no. 2 dengan lagu "Twist Me Arround".Lagu-lagu Mocca sendiri menggunakan bahasa Inggris dengan alasan memudahkan penulisan syair serta kesesuaian dengan warna lagu pop dengan sentuhan swing jazz, twee pop, dan suasana ala 60-an. 

Album MOCCA :

1. MY DIARY 2003
2. FRIENDS 2005
3. OST. UNTUK RENA 2006
4. COLOURS 2007
5. MINI ALBUM 2010

2. THE SIGIT  



The S.I.G.I.T. (The Super Insurgent Group of Intemperance Talent) yaitu group band indie yang di bentuk tahun 1997 di bandung.
PERSONEL :
Nama: Rektiviaton Yoewono
Posisi: vokal & gitar
Nama: Aditya Bagja Mulyana
Posisi: bas dan vokal
Nama: Farri Icksan Wibisana
Posisi: gitar dan vokal
Nama: Donar Armando Ekana
Posisi: drums

Pada Juni 2007, The Sigit pun pernah mendapatkan acungan jempol oleh masyarakat Australia, lewat turnya yang dilakukan selama sebulan. Tak hanya Australia, The Sigit juga pernah melakukan tur ke sejumlah kota di Amerika dan Hong Kong. Lalu, pada tahun ini, The Sigit terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam festival musik Rock and Roots di Singapura.


3. Gugun Blues Shelter


Band Indonesia beraliran blues ini, dibentuk di Jakarta pada 2004. Band yang digawangi oleh Gugun (gitar), Jono (bass), dan Bowie (drum) itu, telah merilis tiga album, yaitu Get The Bug (2004), Turn it On (2007), dan Gugun Blues Shelter (2010). Album-album tersebut dirilis di Amerika Serikat, serta hanya dipasarkan di Amerika dan Eropa. Sebelum tenar, GBS dikenal lewat berbagai kompetisi internasional. Dan salah satu prestasi terbaiknya adalah tampil sebagai band Indonesia dan Asia tenggara pertama dalam festival musik terbesar di dunia di Hyde Park, London, Inggris.

4. GOODNIGHT ELECTRIC


Goodnight electric merupakan group musik yang beraliran synthpop, yang dibentuk tahun 2003 di jakarta. Dengan 3 personil yaitu Bondy goodboy, Hendry "batman" foundation, dan Oomleo. Trio elektrik asal jakarta ini membuat orang eropa kagum, tercatat beberapa kali mereka di undang pada suatu ajang festival di jerman.

5. White shoes & The Couples Company


White shoes & The Couples Company yaitu sebuah band beraliran pop/punk/jazz asal jakarta yang mengusung musik jadul ala tahun 70-an dengan anggota Ricky virgana, Saleh, Aprilia Apsari, Yusmario Farabi, John Navid dan Aprimela Prawidyanti Virgana. group band ini sukses merebut hati para penikmat musik di san francisco di acara klab make out room. Merekapun mendapat kesempatan untuk menjajal panggung di hongkong dan singapura.

No comments:

Post a Comment