Pages

Wednesday, May 1, 2013

HATI-HATI JIKA MENGKONSUMSI TELUR MENTAH

Telur merupakan sumber protein, lemak, mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Nilai gizi telur sangat lengkap telur merupakan sumber protein yang baik kadarnya sekitar 14%, sehingga dalam satu butir telur akan di peroleh 8 gram protein. Kandungan asam amino protein nya  sangat lengkap, sehingga protein telur (campuran Putih dan kuning telur) seringkali dijadikan sebagai protein " referensi". 

Bila kita anggap nilai biologis telur sama dengan 100, maka nilai biologis daging ( sapi) hanya mencapai 84. Tetapi telur tidak mengandung karbohidrat sama sekali.kadar lipidanya terdiri dari trigliserida (lemak) dan fosfolipid (termasuk kolesterol). Kadar airnya menyamai kadar air daging, yaitu sekitar 73%.


Telur kaya fosfor dan besi, tetapi kandungan kalsium nya rendah. Keadaan seperti ini sama seperti yang dijumpai pada daging. Selain itu telur juga mengandung vitamin B kompleks, serta vitamin A dan D (dalam kuning telur). Telur sama sekali tidak mengandung vitaminC. Satu butir telur berukuran sedangkan memberikan energi sekitar 80 kilokalori.

Banyak orang yang mungkin sampai saat ini belum tahu baik atau tidaknya mengkonsumsi telur setengah masak. Jika anda sering mengkonsumsi telur setengah masak mulai saat ini kurangi kebiasaan anda tersebut, karena mengkonsumsi telur setengah masak juga dapat membahayakan kesehatan anda sebab mengkonsumsi telur mentah rentan terhadap bakteri SALMONELLA. 

SALMONELLA yaitu suatu jenis bakteri enterobakteria gram_negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne. Penyakit yang disebabkan Salmonella disebut Salmonellosis, ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, kram perut dan demam 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi Salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah.

Untuk menghindari terjadinya keracunan salmonella apabila telur yang akan di konsumsi dalam keadaan kotor lebih baik tidak di konsumsi secara mentah. semoga informasi ini bermanfaaat.. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik SUMBER 1SUMBER 2

No comments:

Post a Comment