Pages

Friday, April 12, 2013

Penyakit Jiwa



1.STRESS
Stress yaitu suatu kondisi dimana jiwa kita merasa tertekan secara psikologis. Banyak hal yang dapat memicu stress diantaranya : rasa khawatir, rasa kesal , kecapean, prustasi, kesedihan, pekerjaan yang melebihi kemampuan dan masih banyak lagi. Walaupun demikian tidak selamanya stress mempunyai dampak yang buruk bagi seseorang.  Contohnya tekanan dalam pekerjaan , dengan beban kerja yang berat kita pasti akan meningkatkan mutu kita dalam bekerja.
2. Neurosis
Neurosis biasa disebut juga psikoneurosis adalah merujuk pada suatu kondisi pada ketidak seimbangan mental yang dapat menyebabkan stress. Tapi tidak seperti psikosis atau kelainan kepribadian, neurosis tidak mempengaruhi pemikiran rasional. Konsep neurosis berubungan dengan bidang psikoanalisis, suatu aliran pemikiran dalam psikologi.
3. Psikosis
Psikosis merupakan ganguan terhadap seseorang yang menyebabkan  ketidakmampuan  seseorang menilai antara realita dengan fantasi dirinya. Psikosis adalah suatu kumpulan gejala atau sindrom yang berhubungan dengan psikiatri lainnya, tetapi gejala tersebut bukan merupakan gejala spesifik penyakit tersebut. Oleh karena itu psikosis dapat pula di artikan sebagai kumpulan gejala/terdapatnya gangguan fungsi mental. Respon perasaan, daya nilai realitas, komunikasi dan hubungan antara individu dengan lingkungannya.
4. Gangguan identitas disosiatif
Ganguan identitas disosiatif dahulu di kenal dengan gangguan kepribadian majemuk adalah gangguan jiwa yang berasal dari akibat sampingan dari trauma parah pada masa kanak-kanak dan remaja. Individu biasanya mengalami pengalaman traumatis yang cukup extreme yang terjadi berulang kali sehingga mengakibatkan terbentuknya dua atua lebih kepribadian yang berbeda, Masing-masing individu dengan ingatan sendri, kepercayaan, prilaku, pola piker serta cara melihat lingkungan dan diri mereka sendiri. Setidaknya dua kepribadian itu secara berulang memegang kendali penuh atas tbuh si undividu. Salah satu gejala gangguan identitas disosiatif yaitu penderita sering merasa sakit kepala dan mendengar banyak suara di kepalanya, beberapa kepribadian mendorong individu untuk melakukan bunuh diri.
5.  Psikopat
Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa, tetapi psikopat tidak sama dengan gila karena psikopat sadar sepenuhnya dengan apa yang di perbuatnya. Pengidapnya sering di sebut orang gila tanpa gangguan mental. Dalam kasus kriminal , psikopat di kenal sebagai pembunuh, pemerkosa.. Gejal psikopat di antaranya : sering berbohong, egosentris dan menganggap dirinya hebat, acuh terhadap masyarakat, kurang empati, dan tidak dapat bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.






No comments:

Post a Comment