Pages

Sunday, June 9, 2013

BAHAYA MENGHIDUPKAN PONSEL DIDALAM PESAWAT




Beberapa waktu yang lalu terjadi pemukulan terhadap seorang pramugari pesawat SRIWIJAYA AIR yang bernama Febriyani oleh KEPALA DINAS BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM) daerah Bangka Belitung, Zakaria umar hadi. Pejabat tersebut kesal karena berulang kali di tegur untuk mematikan ponsel miliknya oleh pramugari tersebut. Untuk pengetahuan kita semua saya mencoba mencari-cari tentang bahaya menggunakan ponsel di dalam pesawat.

Berikut merupakan gangguan yang diakibatkan oleh ponsel di dalam pesawat diantaranya: arah terbang melenceng, indikator HSI (Horizontal Situation Indikator) terganggu, gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar,  Gangguan sistem navigasi, Gangguan frequensi komunikasi, gangguan indikator bahan bakar, gangguan sistem kemudi otomatis, semua gangguan tersebut di akibatkan oleh handphone. sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game, Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy .Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS. 


Dengan melihat daftar gangguan diatas kita bisa melihat bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel. Untuk diketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada dibawahnya. (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta.  


Demi keselamatan diri sendiri dan juga penumpang lain, sebaiknya jangan menghidupkan ponsel di dalam pesawat.. 

Di ambil dari SUMBER

No comments:

Post a Comment