Pages

Friday, May 17, 2013

MANUSIA PERTAMA KE PLANET MARS ADALAH PETANI



Mars adalah planet terdekat keempat dari matahari. Namanya diambil dari dewa perang romawi, MARS. planet ini sering dijuluki sebagai planet merah karena tampak dari jauh berwarna kemerah-merahan. lingkungan mars lebih bersahabat bagi kehidupan di banding keadaan planet venus. namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal disana. Misi-misi ke planet merah ini,sampai penghujung abad ke-20 belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana.
Berdasarkan data dari wahana Phoenix,  tanah mars terdiri dari unsur seperti magnesium, sodium, potasium, dan klorida. nutrien tersebut dapat ditemui dikebun bumi dan penting dalam pertumbuhan tanaman. Percobaan yang dilakukan oleh wahana Phoenix menunjukan bahwa tanah mars punya ph sebesar 8,3 dan mengandung garam perklorat.
Seperti di lansir FOX NEWS, rabu (15/05/2013). Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) sudah melakukan penelitian tentang menciptakan pertanian di planet Mars. Ini dilakukan Untuk persiapan sebelum NASA mengirimkan manusia ke mars pada pertengahan tahun 2013 nanti. Untuk mendaratkan manusia manusia dalam waktu yang panjang mereka juga memikirkan bagaimana menumbuhkan tanaman di mars. Menumbuhkan tanaman di mars tentu sangat sulit apalagi setengah permukaan dari mars tidak menerima sinar matahari, gaya gravitasi yang rendah juga akan menangkal matahari untuk menyinai tanaman padahal sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman. 
Masalah lain yang lebih serius adalah bahaya radiasi.Karena mars tidak mempunyai atmosfer yang tebal seperti bumi. Sehingga partikel-partikel kecil dari ruang angkasa dapat dengan mudah mendarat di permukaan mars dan berpotensi melukai manusia juga merusak tanaman. Namun masalah pertanian harus segera di selesaikan solusinya lebih dulu. Apalagi mengingat rencana mengirimkan manusia ke planet mars sudah di depan mata. Anda tertarik untuk tinggal di planet mars??


Diambil dari SUMBER1SUMBER2SUMBER3

1 comment: